Saturday, January 16, 2016

Makro Fotografi

Makro Fotografi


"makro fotografi adalah suatu tehnik photograpy atau bisa di sebut aliran foto yang mengambil objek dengan ukuran yang kecil seperti serangga dan bunga"


teman2 bloger bisa melihat contoh foto di sampaing. foto tersebut merupakan satu contoh dari makro fotografi. Nah kali ini saya ingin menshare bagaimana teknik untuk mengambil sebuh foto makro.

sebelum lebih jauh, sebelumnya kita persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang diperlukan:

  1. kamera, tanpa kamera kita mau foto dengan apa, hehehehe..., bisa kamera apa saja, entah DSLR, mirorless, bahkan kamera smartphone sekalipun, karena smartphone saat ini sudah memiliki fiture-fiture yang di butuhkan seperti lensa makro dengan setting bukaan lensa atau biasanya disebut f.
  2. objek foto, nah lo, klo nga ada objek yang mau di foto kita foto apaan :), untuk foto makro kita bisa gunakan serangga, atau yang paling gampang bunga. Kenapa bungan, yang pertama lebih mudah di cari dibandingkan serangga, selain itu bunga tidak akan meloncat atau terbang ke sana kemari... :)
Okeh, sekarang kita lanjutkan ke faktor2 yang perlu diperhatikan ketika mengambil foto :
  1. Pencahayaan, seperti yang sudah pernah saya bahas dalam post sebelumnya ( tips jitu) pengaturan cahaya adalah kunci dari sebuah foto. untuk mengambil foto makro sumber cahaya yang disarankan adalah pencahayaan alami dari matahari, berkisar jam 8 sampai 9 pagi atau jam 4 sampai jam 5 sore. intinya objek yang kita foto mendapat cahaya yang tidak terlalu terang dan juga tidak gelap.
  2. bukaan lensa, settinglah bukaan lensa pada kamera pada nilai sekecil mungkin. (f) kecil, yang artinya cahaya yang masuk ke lensa maksimal. (ini tergantung style sih) saya menyukai efek blur pada background, dengan nilai f yang kecil akan efek ini akan lebih gampang diperoleh.
  3. fokus, pastikan fokus tajam tepat pada objek utama. untuk smartphone tertentu bisa dengan menyentuh object pada tampilan layar.
  4. hindari goyangan tangan ketika mengambil gambar.
  5. sabar dan terus mencoba.
Setelah mengatahui hal-hal yang perlu diperhatikan, sekarang mari kita praktekan. Arahkan kamera pada objek foto dan atur fokus agar tepat pada objek foto, jaga kestabilan dan jepreet, ambil foto. ambilah foto dari sudut yang berbeda-beda untuk mendapatkan angel yang maksimal.
selamat mencoba........



No comments:

Post a Comment