Saturday, January 16, 2016

tips memilih judul skripsi


buat teman-teman blogger yang masih duduk di bangku kuliah, saya ingin membagi tips untuk memilih judul skripsi, ala biarpunyablog ;
  1. Tentukan topik , mencari judul dengan membabi buta sangat memakan waktu. Selain itu jg membuat tidak fokus.
  2. Ikuti trend, biasanya dalam tahun yang sama ada trending topik bahasan. ikutilah trend tersebut, angkat sudut yang belum dibuat oleh orang lain, bila perlu kita bisa mencari teman untuk mengangkat topik yang sama dengan sudut bahasan yang berbeda. dengan demikian kita akan mendapat teman diskusi sharing ilmu dan materi. menurut saya ini adalah salah satu kunci bisa cepat menyelesaikan skripsi. tanpa ada teman sharing bisa jadi bunuh diri. 
  3. Dosen, jangan takut untuk berkonsultasi dengan dosen. jika kampus-mu mengijinkan untuk memilih sendiri dosen pembingbing, carilah dosen yang menguasai topik bahasan kita dan enak di ajak diskusi. hubungan dengan disen pun perlu dijaga, jangan sampai dosen kesal terhadap kita, bisa runyam deh nantinya.
  4. Ukur kemampuan. Saya lihat banyak teman saya yang terjebak dengan idealismenya dengan memilih skripsi yg keren, susah , yang kemudian karena saking keren dan susahnya akhirnya mandeg, sehingga berakhir dengan pengajuan ulang judul skripsi.
  5. pantang menyerah, skripsi bagi sebagian adalah momok yang menakutkan, bahkan ada yang sudah mengajukan berkali-kali tapi di tolak terus. jangan menyerah men......, tetap berusaha.

cukup itu saja, yang jelas tidak usah terlalu banyak pertimbangan, karena akan membuat bingung diri sendiri juga.Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment