Sunday, January 17, 2016

Cara Menghemat Listrik


Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan pokok orang indonesia, terutama bagi yang hidup di perkotaan. Setidaknya itulah yang saya rasakan dan saya alami sendiri. hidup di perkotaan dan bekerja sebagai karyawan salah satu perusahaan swasta. Kesibukan bekerja membuat sederet alat elektronik masuk ke daftar belanjaan untuk mempermudah pekerjaan, seperti mesin cuci, blender, rice cooker, kulkas. Bagi yang memiliki isi kantong yang lebih mungkin akan memasukan deretan alat rumah tangga untuk memanjakan diri seperti AC, home teater,pemanas air dan bahkan beberapa rumah terpasang lebih dari 1 AC.

Well, semua alat itu butuh asupan daya atau energi yang kita sebut dengan listrik. Semakin banyak alat elektronik yang kita pakai dan semakin tinggi frekwensi pemakaian maka akan semakin besar pula tagihan listrik yang di kirim tiap bulan. Nah bagaimana cara kita menghemat listrik? berikut beberapa cara menghemat listrik yang saya kumpulkan dari beberapa sumber :
  1. Matikan lampu dan peralatan lainnya ketika sudah selesai di pakai. yang satu ini memang kadang malesin banget, tapi ini cara paling simpel dan worted banget untuk dilakukan.
  2. Gunakan alat elektronik yang hemat energy.  gencarnya program ramah lingkungan ternyata mampu menarik pelaku industri untuk menciptakan produck yang ramah lingkungan dan hemat listrik. Tidak ada salahnya kita masukan ini dalam cek list pertimbangan dalam membeli alat elektronik. Kulkas atau ac low energy dan lampu LED contohnya.
  3. cari sumber alternatif energy lain yang dapat diperbaharui. Jika anda memiliki kocek yang lebih, tidak ada salahnya menggunakan sumber  energy terbarukan seperti membeli panel surya untuk sumber penerangan lampu.
  4. kreatif untuk mengurangi beban listrik pada alat tertentu. nah yang satu ini susah-susah gampang. sala satu contohnya dengan menciptakan sirkulasi udara yang baik sehingga bisa mengurangi pemakaian AC. membuat atap yang tercover dengan tumbuhan juga bisa jadi alternatif lain untuk membuat rumah lebih sejuk. menciptakan lampu alami di siang hari dengan memakai atap yang bening, dan hal-hal kreatif lainnya.
  5. niat dan tindakan nyata, semua teori di atas tak ada gunanya jika tidak kita barengi dengan tindakan yang nyata.
hehe... menurut pendapat saya, menurunkan tagihan listrik tidak hanya bermanfaat buat diri kita, tapi juga buat dunia. dengan hemat listrik kita juga mengurangi emisi gas carbon yang dihasilkan oleh pembangkit listrik konvensional.

selamat mencoba , salam go green.

No comments:

Post a Comment