Saturday, March 20, 2021

Etika yang perlu diperhatikan ketika meeting online atau webinar

 


Hi teman blogger.......
sebelum pandemi mungkin anda sangat jarang menggunakan aplikasi meeting online seperti google meet, skype atau zoom. Pada umumnya aplikasi yang kita gunakan hanya audio/visual antara dua orang yang sering di sebut voice call dan video call. Interaksi seperti ini umumnya tidaklah sulit karena seperti percakapan biasa. Namun tuntunan untuk stay at home dan work from home (WFH) saat pandemi merubah banyak kebiasaan orang, termasuk cara komunikasi dengan rekan kerja yang kerap menggunakan aplikasi tatap muka yang saya sebutkan sebelumnya.


Komunikasi dalam meeting online atau webinar tentunya berbeda dengan cara jika kita bertatap muka langsung. Dalam tatap muka jika ada rekan yang berbicara lebih dari satu orang, kita masih bisa menangkap dengan baik namun tidak dalam tatap muka online. Tidak jarang kita jumpai dalam webinar ketika pembicara sedang mempresentasikan materi tiba-tiba ada rekan lain yang ikut online, sehingga mengganggu komunikasi. Agar komunikasi berjalan baik kita perlu memperhatikan etika dalam meeting online atau webinar.

Berikut beberapa etika dan hal lain yang menurut saya perlu di perhatikan :
  1. Persiapkan tempat, tidak perlu wow banget, cukup tempat sederhana dan yang terpenting adalah tempat tersebut terhindar dari suara bising, teman juga bisa menggunakan virtual background.
  2. Persiapkan diri dan peralatan anda 10-15 menit sebelum join ke meeting online / webinar. Hal inidiperlukan agar kita join meeting tepat waktu, tidak tiba-tiba join ketika ada yang sedang berbicara.
  3. Pastikan anda memiliki koneksi yang stabil. Anda bisa mengeceknya dengan melakukan test speed2-3 kali, bisa dengan google speed test atau speed test lainnya
  4. Lakukan test audio dan camera sebelum join, atau teman blogger bisa join 5 menit lebih awal untuk melakukan test audio dan video anda.
  5. Gunakan nama yang baik, salah satu format yang bis di gunakan adalah "nama panggilan + departemen/instasi"
  6. Perkenalkan diri dan menyapa di awal kita berbicara, terutama saat webbinar, karena blm tentu pembacara atau peserta sudah mengenal anda.
  7. Start mic dalam keadaan mute dan mute mic ketika sedang tidak berbicara. Ini akan membantu mengurangi suara-suara yang tidak perlu ketika meeting online.
  8. Dalam webinar dan juga sebaiknya ketika meeting, "rise hand" terlebih dahulu sebelum memulai bericara, tunggu sampai di tunjuk oleh moderator baru mulai berbicara.
  9. Perhatikan arahan dari moderator, gunakan fiture chat untuk bertanya ke semua atau personal untuk menanyakan poin yang terlewatkan.
dengan memperhatikan hal semoga meeting online/webinar anda menjadi menyenangkan.

 


No comments:

Post a Comment