Tuesday, June 18, 2019

Office 365 VS Google G-suite

halo teman blogger,

kali ini saya akan membahas pengalaman saya terkait office 365 dari microsoft dan g-suite dari google. Kedua perusahaan raksaksa teknologi ini mempunya 2 (dua) produk yang kurang lebih menyediakan layanan yang "hampir" sama, yaitu menawarkan layanan email ditambahkan dengan layanan pendukung lainnya seperti cloud storage, office app, ect.

oke kita bahas beberapa fitur layanan yang mereka miliki dan paling sering saya pakai :

  1. email. baik office 365 maupun g-suite menawarkan layanan email, berikut pengalaman saya dalam menggunakan kedua layanan tersebut
    • tampilan : buat saya, saya jauh lebih suka tampilan email dari G-suite, kenapa? jawabannya adalah simpel dan mudah dimengerti dan tidak berat ketika load di web browser.
    • setting email di HP : untuk yang ini menurut saya sama gampangnya, keduanya bisa di setting dengan mudah di Handphone.
    • import/export data dari server lama : klo yang ini , saya lebih suka punyanya outlook, mereka bisa import otomatis, tinggal seting-seting sedikit sudah.
    • Fitur administrator lainnya : buat teman yang akan pengelola, apalagi bagi rekan-rekan admin pemula, saya rasa g-suite akan jauh lebih mudah digunakan.
  2. Office. sama seperti email, kedua raksasa teknologi ini sama-sama menawarkan fitur office seperti word, excel/spreadsheet, power point, etc. untuk segi office, karena saya dan mungkin 80% dari pembaca blog ini sudah familiar dengan microsoft office, tentunya pasti akan lebih senang condong ke office 365, karena dengan membli O365, kita dapat microsoft office terupdate. 
  3. Cloud storage. untuk fitur ini baik O365 ataupun G-suite memberikan cloud storage sesuai pilihan paket harga, saya akan bandingkan paket harga terendah yang mereka miliki. UNtuk Gsuite basic ($5/month) mendapat cloud storage sebesar 30GB, sedangkan O365 personal ($5.99/month) sudah dapat 1TB cloud storage.
  4. fitur lainnya. selain email, office dan cloud storage, ada pula fitur lainnya seperti calendar, percakapan berbasis aplikasi (hangout vs skype). saya sendiri lebih sering menggunakan fitur-fitur dari google.
kesimpulannya, menurut saya Gsuite = email plus office, sedangngkan O365 = office plus email. Jadi kembali lagi ke perluan teman-teman lebih condong yng mana.

Hal yang saya bahas di atas hanya sebagian kecil saja dari keseluruhan fitur yang mereka miliki, jadi mungkin "experience" yang teman bloger rasakan bisa berbeda2. saya juga mengundang komentar teman bloger, bagaimana "feel" pemakaian O365 / G-suite di kolom komentar.

5 comments:

  1. kalau saya belum pernah pakai office365 bli dama..
    jarang ngedit dokumen kaya gitu soalnya..
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. o365 berbayar sih, yg personal lumayan afordable sekitar 600rb-an per tahun, yg asik sih dapat free 1TB cloud, klo google fiturnya yang asik :-). jadi itung2 0365 segitu pake cloud biar aman data, hehehe

      Delete
    2. pakai yang gratis saja deh..
      google doc atau google presentation..
      alih gratisan ne gen dama..
      wkwkwkwk...

      hayo tambah artikel berbau komputer bin..
      seru ne..

      Delete
    3. hahaha....., makasi semangatnya

      Delete
    4. btw sudah ada yang baru tuh cek di sini

      Delete