Saturday, January 2, 2016

Tanam Kembali sampah dapur

hi all,
green value yang ingin saya share kali ini tentang tanam kembali, yaitu memanfaatkan sampah dapur untuk penghijauan dan manfaatnya bisa kita ambil. Sampah dapur yang saya maksud adalah sampah organik dari sisa potongan sayur, biji sayur atau buah. Berikut adalah beberapa jenis sayur, buah atau bumbu dapur yang sampahnya gampang untuk ditumbuhkan dan bisa kita manfaatkan :

  1. tomat, bijinya bisa kita semai dan tanam. taruh biji di atas tanah subur, jaga agar tanah tetap lembab dan terkena sinar, setelah 2-3 hari biji akan mulai tumbuh.
  2. wortel , sisa potong wortel pada bagian bongkol bisa tumbuh menjadi wortel baru. cukup rendam potongan wortel di dalam air, setelah beberapa hari akan tumbuh tanaman wortel yang baru. pindahkan lahan kosong di halaman anda, atau buat bloger yang tidak punya halaman bisa memanfaatkan Pot atau kaleng bekas yang berukuran agak besar.
  3. bawang , bawang bisa tumbuh menjadi tanaman bawang baru, cukup taruh di atas tanah yang lembab. kadang tanpa sadar jika kita tauh di dalam kulkas atau lemari pendingin dalam waktu lama, tunas akan tumbuh dengan sendirinya. tinggal siapkan media tanamnya saja.
  4. seledri, tangkai bagian bawah seledri bisa di tumbuhkan kembali. tanam bagian seledri dalam tanah, dan beri air yang cukup setiap hari. jangan sampai berlebih karena bisa membuat seledri menjadi busuk.
  5. nanas, ujung bagian daun nanas bisa ditanam kembali, rendam dalam mangkok atau gelas berisi air, dalam waktu kurang lebih 1 minggu maka akan tumbuh akar dan siap di tanam , bisa dlam pot atau langsung di tanah.
  6. cabai , biji cabai bisa disemai dan tumbuh kembali. tinggal tebar bijinya di pot atau tanah, dan jeng jeng, setelah kurang lebih 30 hari anda nga usah beli cabe di warung lagi.
  7. sawi , selada, kucai, bagian bawah yang terkadang masih ada akarnya bisa di tanam kembali. bisa dengan di tanam langsung di tanah gembur, atau memanfaatkan batang sawi yang lain sebagaimedia tanam.
untuk media tanam, bloger bisa menggunakan kaleng susu bekar atau botol bekas dari softdring sebagai media tanam.

1 comment:

  1. biji tomat sering saya buang saja ke halaman belakang..
    ehhh... malah tumbuh dan akhirnya saya ambil lagi buahnya...
    hemat jadinya, biar lebih irit...
    hehehe...

    ReplyDelete