Sunday, January 3, 2016

Mengenal jurus jitu dasar photography

Photography memang hal yang menarik untuk dicoba apapun itu alasannya.  Alat untuk mengambil foto pun jauh lebih berkembang dan terjangkau, baik itu camera DSLR, mirrorles, atau camera smartphone sekalipun.Tapi apapun gagetnya , teknik dasar foto tidak berubah, yaitu apature , ISO dan shuter speed. atau yang lebih dikenal dengan segitiga Photography.  
"Ketiga unsur ini intinya adalah mengatur intensitas cahaya 
yang diterima oleh sensor pada kamera anda"
 oke mari kita bahas satu persatu
  1. apature, atau juga sering di sebut dengan bukaan lensa, dalam setingan camera diberi dengan tanda A atau f. Apature adalah bilah-bilah logam di dalam lensa yang akan mengature banyak atau sedikitnya intensitas cahaya yang di teruskan ke kamera. Semakin kecil setingan apature maka bukaan lensa semakin besar dan cahaya yang di teruskan semakin besar pula, sebaliknya semakin besar nilai apature maka bukaan lensa semakin kecil dan cahaya yang diteruskna juga semakin sedikit. Ada dua efek yang akan dihasilkan dengan mengatur apature
    • terang atau gelap hasil foto itu sendiri. semakin kecil nilai apature (f) semakin terang hasil foto dan sebaliknya
    • jarak ketajaman lensa dengan objek, atau sering di sebut dengan deep of field
  2. Shuter speed, adalah kecepatan buka tutup diafragma, fungsinya adalah mengatur lama cahaya yang akan di terima oleh sensor camera. Biasanya pada setingan kamera diberi dengan tanda S. nilai shuter speed pada camera beragam, pada umumnya di tandai dengan nilai 1" (satu detik) atau 1/25, 1/60. 1/125, yang artinya satu per sekian detik. efek dari shuter speed ini adalah :
    • semakin cepat shuter speed maka lama paparan cahaya ke sensor sebentar, gambar akan semakin tajam
    • semakin lambat shuter speed maka paparan cahaya ke sensor semakin lama, jika object yang di foto bergerak akan menghasilakn efek blur.
  3. ISO, adalah kepekaan sensor terhadap cahaya dan warna. semakin rendah nilai ISO maka kepekaan terhadap cahaya dan warna semakin rendah, dan sebaliknya semakin tinggi ISO semakin peka terhadap cahaya dan warna . Tapi ingat semakin tinggi ISO akan menyebabkan noise pada gambar.
jadi mari kita coba praktekan. coba mainkan nilai nilai iso , Shuter dan apature satu persatu dengan nilai terendah dan tertinggi, dan rasakan bedanya. oh iya jangan lupa seting pada mode manual ya, karena pada mode otomatis kamera akan menset sendiri nilai ketiga unsur tersebut.

"hasil gambar atau foto yang baik adalah perpaduan dari setting pada ketiga unsur tersebut untuk mendapatkan intensitas cahaya yang pas di sensor kamera"

No comments:

Post a Comment