Wednesday, October 2, 2013

Apa yang Dilakukan Jika Bayi Dibawah 3 Bulan Sakit Flu


hi semua,
saya mau share pengalaman pribadi saya, 3 hari lalu anak saya yang masih bayi sakit flu, awalnya bingung juga apa yang harus dilakukan. tapi setelah di beri pencerahan dari orang sekitar dan juga "compare" dengan "mbah google", saya lakukan langkah-langkah berikut :

  1. ASI, ASI (air susu ibu) menurut beberapa sumber adalah obat alami, karena selain mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi, juga mengandung zat antibody dari ibunya. gerakan bayi menyusu juga bisa menghindarkan telinga bayi dari infeksi bakteri yang ada di hidung dan tenggorokannya. Jadi ketika bayi sakit flu, jangan hentikan asi, tetapi sebisa mungkin berikan lebih banyak.
  2. POSISI, ketika bayi sakit , jaga posisi bayi agar bayi selalu merasa nyaman. Ketika bayi tidur , atur agar posisinya membentuk sudut 30 derajat. hal ini bisa dilakukan dengan menyusun bantal untuk si kecil. ini akan membantu agar ingus / dahak tidak menutup saluran pernafasan bayi.
  3. ANGET-ANGET, untuk meringankan rasa hidung tersumbat pada si kecil, gunakanlah salep/minyak anget khusus bayi. untuk ini saya gunakan salep transfulmint atau campuran minyak kelapa asli dengan bawang merah.
  4. DOKTER, jurus terakhir adalah periksakan ke dokter, biarkan ahlinya bekerja. 
semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment