Thursday, September 19, 2013

Tips Kesehatan Mata bagi Pengguna Komputer



penggunaan komputer di tempat kerja kerap memaksa kita untuk beada di depan komputer selama berjam-jam, berikut tips kesehtan mata agar terhindar dari radiasi layar komputer yang saya dapatkan dari kompas.com :

Atur Posisi Duduk

Atur posisi duduk anda senyaman mungkin dan badan tegak lurus, yang disarankan adalah posisi siku anda sebaiknya ada di rentang 90 derajat, dan posisi tangan anda berada di posisi 100 derajat dengan keyboard. Yang paling penting adalah jarak mata dengan monitor agar tidak terlalu dekat.

Atur Cahaya Ruang Kerja Anda dan cahaya Monitor

ternyata yang disarankan menurut kompas.com adalah cahaya ruangan jangan lebih terang dari cahaya monitor. buatlah cahaya ruangan lebih redup dengan mengurangi jumlah lampu yang hidup atau juga bisa dengan menambah kecerahan layar monitor anda.


Secara Frekuensi Mengedipkan Mata

juga dari kompas.com , mengatakan dari sebuah penelitian, orang yang bekerja didepan komputer, tanpa disadari, berkedip lebih jarang dari keadaan normal, jadi kita harus mengingatkan diri untuk tidak lupa berkedip.
he... yang ini saya terapin dengan menaruh tanaman hijau di meja, sambil kedip sambil lirik tanaman hijau, seger dah ^_^

Kacamata

klo jaman dulu, jamannya monitor CRT mungkin masih banyak "screen guard" utuk melindungi mata dari radiasi. Namun saat ini dimana hampir semua jenis komputer menggunakan monitor LCD, kita bisa menggunakan kaca mata sebagi pengganti. kaca mata yang dimaksud bukan kaca mata plus/minus saja, bagi yang bermata normal juga bisa menggunakan kacamata yang dapat mengurangi radiasi, walau monitor LCD diklaim memiliki radiasi yang rendah, tetapi tidak ada salahnya kita menerapkan tips ini.

Lakukan Pola 20 20 20

Pola 20 20 20 merupakan pola yang diperkenalkan oleh Mark Rosenfield, PhD, seorang professor dari Amerika. Beliau mengemukakan tips kesehatan mata berupa pola yang dikenal sebagai 20 20 20. Pengertian dari pola ini adalah bahwa setiap 20 menit mata harus diistirahatkan dengan frekuensi selama 20 detik dengan melihat atau mengamati objek lain dalam jangkauan sejauh 20 meter.

Rutin Layar Monitor

ternyata monitor yang kotor dapat mengganggu mata kita dan membuat mata kita jadi lebih tegang, dikarenakan kotoran dilayar akan mengganggu pengelihatan kita dan memaksa mata bekerja lbh maksimal.

selamat mencoba.....



No comments:

Post a Comment