Tuesday, May 19, 2020

Pentingnya Memisahkan Sampah di Rumah


Sampah adalah hal sepele yang tumbuh menjadi masalah pelik. tidak hanya di level anak kosan, rumah tangga, kota bahkan negara, sampah bukanlah perkara yang mudah. 

Menurut saya kita semua harus terlibat untuk menanganinya, kita tidak bisa hanya berserah pada pemerintah, ataupun lembaga lain. Mohon maaf, di sini bukan bearti kita sok-sok jagoan lingkungan tapi saya kondisi terakhir yang saya alami di rumah mendorong saya ingin share tentang sampah ini di blog saya.

Jadi ceritanya ketika lebaran kemarin lalu adalah bapak yang biasanya mengangkut sampah di rumah berlibur, afekya adalah sampah yang menumpuk di depan rumah. hal ini tidak hanya terjadi di lebaran saja, hampir setiap hari libur nasional.

Nah mulai lah saya memutar otak untuk mencari solusinya, saat itu saya terpikir kebiasaan kantor lama saya yang memisahkan sampah organik dan anorganik, kemudian mengolah sampah organik menjadi kompos. saya pun menirunya, alhasil jadi punya hoby tambahan tanam2 bunga. Berikut adalah manfaat memisahkan sampah organik dan anorganik versi saya :
  1. Mengurangi sampah yang kita buang ke TPA, sampah organik otomatis kita manfaatkan sebagai kompos, jadi tidak kita buang lagi.
  2. Punya tambahan hoby baru, dengan adanya kompos saya jadi pingin buat kebun kecil, walau halaman rumah saya sempit, ternyata bisa kita hijaukan juga. Menanam tanaman buah dalam pot (tabulapot) dan mencoba menumbuhkan cabe dari biji cabe sisa memasak di dapur juga ternyata menumbuhkan kesenangan sendiri, apa lagi dari kompos buatan sendiri.
  3. mengurangi stress, loh apa hubungannya? hehe dari hoby baru dan nikmatnya melihat mereka tumbuh hijau. buat saya obat stres yang lumayan manjur dan gratis.
  4. Ikut mendukung pelestarian lingkungan dengan tanpa kita sadari. Berkurangnya sampah yang kita buang ke TPA, membuat kompos,  bercocok tamanam skala emprit ya hitungnya membantu pelestarian skala mikro lah.
kebun kecilku di rumah

itu menurut saya ya rekan bloger, mungkin tidak bisa berlaku sama ke semua orang, tapi tidak ada salahnya untuk di coba , he he he....



1 comment:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete