Friday, May 6, 2016

Shutdown di Windows7 / windows8 Otomatis

Pagi teman bloger...,

Pernahkan teman bloger berada dalam kondisi dimana perlu menset komputer mati atau restart secara otomatis?

kali ini saya akan membagi cara untuk men-shutdown atau me-restart komputer yang menggunakan sistem operasi windows 7 atau 8 secara otomatis dengan menggunakan fiture task sceduler. Cara ini juga sudah saya coba di windows 10 dan berhasil. Langsung ssaja, berikut adalah langkah-langkahnya :

Langkah membuat auto shutdown/restart


  1. buka control panel
  2. pilih administrative tools >> task sceduler
  3. pilih create task
  4. akan muncul window create task, pada tab general pada nama isikan "restart/shutdown otomatis", pada description silahkan isi deskripsi sesuai keperluan teman bloger
  5. pada tab triger klik new, lalu buat scedule sesuai keinginan teman bloger. (one time,daily, monthly, dan pada jam berapa)
  6. pada tab action klik new,  pada program/script ketikan shutdown, pada add argument isikan -s -f untuk shutdown atau -r -f untuk restart
  7. klik ok 
selesai, dengan demikian teman bloger bisa membuat komputer mati atau restart otomatis tanpa harus di depan komputer. Dengan membuat taks sceduler bisa teman bloger manfaatin jika ingin memutar musik di komputer dan ingin di tinggal tidur, jadi nga usah bangun ntuk shutdown (hehe .. pengalaman pribadi pas susah tidur). 

selamat mencoba....

No comments:

Post a Comment