Friday, May 6, 2016

Rasa Bosan- No Way.....

Mengelola Rasa Bosan dan Jenuh Di kantor


Bagi sebagian besar pekerja, rasa bosan dan jenuh sering kali menghinggapi kita para  pada saat jam kerja berlansung. Banyak faktor yang bisa memicu rasa bosan itu muncul…rasa bosan itu ibaratnya pikiran negative yang bisa saja hinggap di setiap manusia, sehingga hal tersebut sangat manusiawi. Faktor-faktor yang dapat memicu rasa bosan itu diantaranya :
  1. Dalam waktu lama kamu melakukan pekerjaan dalam jenis yang sama.
  2. Menghadapi persoalan atau permasalahan yang sama yang berlangsung secara terus menerus
  3. Tingkat kesulitas yang tidak pernah kamu rasakan dalam pekerjaan, sehingga kamu merasa tidak tumbuh       dan berkembang.
  4. Pimpinan yang tidak menyenangkan sehingga menciptakan suasana yang tidak nyaman.
  5. Tidak ada motivasi atau tujuan yang kamu ingin raih atas hasil dari pekerjaan kamu.
  6. Faktor eksternal/masalah keluarga lainnya.

Faktor- faktor diatas dapat kita kategorikan sebagai sebuah masalah yang sangat mungkin memicu dan menstimulus alam bawah sadar mu untuk merasakan apa yang disebut bosan dan jenuh, lalu bagaimana caranya kamu bisa menghilangkan kejenuhan dan kebosanan???

tips mengusir bosan di kantor

Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengusir rasa bosan itu dan membuat kamu semakin bersemangat dalam bekerja, apa itu???
  1. Apabila itu terkait dengan rutinitas dan perkerjaan yang sifatnya monoton, coba pelajari keahlian atau cara/terobosan  baru yang dapat kamu lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan itu, sehingga dalam hal ini kamu akan diajak untuk berpikir kreatif, serta cobalah keahlian baru atau keterampilan baru karena itu akan memberikan tantangan baru dan membuat hidupmu menjadi lebih hidup lagi ^_^.
  2. Masalah yang selalu sama bisa saja membuat kamu sangat ahli dalam menyelesaikan masalah itu, namun kamu menjadi tidak pernah berpikir secara out of the box, kebosanan akan menghinggapi pada saat kamu berpikir pada hal yang sama karena kamu sendiri sudah tau di luar kepala bagaimana menghadapi masalah yang kamu dapatkan…. Ahaaa….sepertinya kamu bisa lakukan terobosan dengan cara membantu masalah baru terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh teman mu ini bukan berarti kamu mencari masalah ya…., karena dnegan membantu temanmu untuk menyelesaikan maslahnya, kamu akan merasa lebih bermanfaat bagi orang lain…. TAPI… pastikan bahwa masalah pekerjaan yang kamu hadapi sudah tertangani dengan baik.
  3. Gunakan waktu pada saat kamu merasa bosan, untuk browsing terhadap hal-hal yang disenangi semacam mencari informasi terkait dengan hobby, rencana travelling, atau searching tempat kuliner dan tempat jalan-jalan yang asik. Apakah ini artinya korupsi waktu, BETUUULLL….. tapi apabila kami tetap stay cool dengan rasa bosanmu, maka kamu akan lebih lama melakukan korupsi waktu karena akan menghambat produktifitas kamu dalam bekerja. Apabila waktu 5-15 menit tadi bisa memicu semangat kamu untuk bekerja kenapa tidak kawan!!!
  4. Ingatlah bahwa pada saat kamu memutuskan diri untuk bekerja itu artinya kamu tidak pernah bisa memilih siapa yang menjadi pimpinan maupun tim mu, artinya tinggal terima jadi siapa yang akan menjadi pimpinan mu. Pimpinan yang tidak menyenangkan dan arogan jangan dijadikan sebagai penyebab dari ketidakberdayaanmu dalam bekerja, jangan biarkan pimpinan itu membuat kamu meninggalkan pekerjaan hanya karena ketidaksenangan pada perlakuan pimpinan. Kadang-kadang kamu bisa saja membicarakan kekonyolan dan perilaku pimpinan bersama temanmu hanya sebagai sarana menyampaikan keluh kesahmu dengan menyampaikan dan mengemas dalam opini-opini lucu, atau menjadikan itu sebagai dagelan sehingga tidak memberikan ruang untukmu untuk menghujat dan mengeluarkan kata yang buruk, kenapa??? Karena itu tidak baik untukmu dan bisa saja salah satu rekanmu ada yang tidak suka dan beralih menyampaikan hujatanmu kepada bos. Kalau itu hanya sebuah celetukan lucu dan konyol, saya yakin bosmu atau pimpinanmu pasti tau persis bahwa timnya/atau yang namanya bawahan memang memiliki kecendrungan untuk membicarakan kekonyolan bos dan itu perilaku naturalis…. ^_^ asalkan jangan lupa intropeksi diri yaaa…
  5. Mimpi dan cita-cita adalah salah satu mood booster yang dapat kamu jadikan alasan untuk bekerja tetap semangat dan produktif, karena dengan kamu bekerja semangat dan produktif, maka tentu saja berpengaruh pada karir dan masa depan mu, sehingga pastinya berpengaruh pada compensation, benefit serta reward yang akan kamu dapatkan dari perusahaan. Semisal kamu bermimpi memiliki sebuah rumah, mulailah memikirkan rumah seperti apa yang diinginkan, warna catnya, ukurannya berapa, bagaimana layoutnya, hingga kamu punya gambaran atas rumah impianmu, selanjutnya pasang di meja kantormu, dan jadikan itu penyemangat bahwa kamu harus mencapai target perusahaan sehingga bonus atau insentif yang kamu dapatkan di kantor dapat digunakan untuk menyicil rumah impianmu. Saat kamu merasa down, berikan waktu 5 -10 menit untuk melihat mimpimu lagi bahkan, membuat dirimu memikirkan bagaimana nikmatnya memiliki rumah sendiri.
  6. Setiap manusia di dunia ini pasti punya yang namanya masalah, lalu apa kabar dengan masalahmu, pahami dan sadari sejauh mana kamu bisa mengelola hatimu untuk kamu tata dan kamu sinkronkan pada pekerjaanmu. Jika kamu merasa tidak mampu mengelolanya bahkan kamu ingin selalu menangis, sebaiknya kamu ijin pada pimpinan untuk cuti dan beristirahatlah. Dan gunakan waktu itu untuk berlibur dan menata hatimu, sehingga pada saat kamu bekerja kembali kamu lebih fresh dan siap dengan segala penugasan yang diberikan oleh pimpinan.


Jadi menurut saya tidak ada yg salah dengan rasa bosan hanya,  hanya kita harus mencari tau bagaimana caranya dalam mengelola rasa bosan dan mencari aktifitas baru yang bisa mengembalikan energy positif dan semangat kita dalam bekerja…. Ayuk kita coba dan semoga bermanfaat yaa….

Cheers up…gusys…. ^_^  


                                                                                                                         

No comments:

Post a Comment