Friday, January 22, 2016

Cara download, Instal, troubelshooting xampp

pada post sebelumnya saya mengajak teman bloger untuk berkenalan dengan xampp. Kali ini saya akan membagi bagaiman acara untuk menginstal xampp secara lokal pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows.

sebelumnya mari kita download dulu instalernya. Instaler terbaru xampp bisa kita download dari

setelah selesai mendowload teman bloger akan mendapatkan paket istaler , contohnya seperti gambar di bawah ini :



berikut adalah langkah-langkah untuk mengistal xampp :

  1. matikan UAC (user account control) dari control panel>> user account >> change user account control setting, pilih never reminder
  2. klik 2x pada instaler
  3. jika ada pesan warning "It seems you have an antivirus running. In some cases, this may slow down or interfere the installation of the software. Please visit the following link to learn more about this." klik "yes" untuk melanjutkan instalasi
  4. pada halaman setup klik "next"
  5. pada halaman select component , pilih komponen yang ingin di instal (biarkan untuk instalasi secara default)
  6. pada halaman instalation folder, pilih folder tempat instalasi xampp. secara default akan terisi c:\xampp, bisa disesuaikan sesuai keinginan teman bloger.
  7. tekan next sampai muncul halaman proses instalasi.
  8. setelah proses instalasi, centang pilihan start control panel now, lalu klik finish
walah instalasi selesai....


namun ketika kita mau menjalankan service pada xampp kontrol panel terkadang kita menemui beberapa masalah. Biasanya masalah tersebut disebabkan karena port yang di pakai oleeh xampp sudah terpakai oleeh aplikasi lain atau ter-blok oleh firewall kita. berikut step yang bisa teman bloger lakukan :

  • jalankan xampp control panel sebagai administrator.
  • xampp memakai port -port berikut (80,443,3306,21,80,8080, 14147) jika ada aplikasi yang sudah terinstal ddan memakai port-port tersebut maka servisce di xamp control panel tidak akan mau jalan. pastikan port terseebut free atau tidak terpakai oleh aplikasi lain dengan cara mematikan service aplikasi tersebut.
    • gunakan cmd untuk trace port tersebut netstat -o -n -a | findstr 0.0:443 

    • lihat PID (tanda panah merah pada gambar di atas), lalu cocokan dengan PID di task manager. setelah mengetahui aplikasi yang menggunakan port tersebut , matikan servis aplikasi tersebut melalui control panel>>administrative tools>> services
  • alternatif lain adalah dengan mengganti port yang ingin di pakai. menurut pendapat saya cara ini lebih simpel.
    • mengganti port apache. masuk ke folder instalasi apache, misalnya C:\xampp\apache\conf , cari file httpd.conf lalu buka dengan notepad atau notepad++, cari text "listening port 80" kemudian ganti ke poert lainnya, misalnya port 81, save dan silahkan jalankan kembali servis apache.
    • mengganti port my sql, klik config pada sql xampp control panel, klik my.ini. cari text "port            = 3306 " ganti 3306 dengan 3307 misalnya
    • mengganti port filezilla,, klik config pada filezilla, klik filezillaserver.xlm, cari text " <Item name="Admin port" type="numeric">14147</Item>" ganti 14147 dengan port lain.
selamat mencoba seemoga membanntu

No comments:

Post a Comment