Saturday, January 2, 2016

Augmented Reality, Apaan sih?

hai blogers,

apakah teman-teman bloger pernah mendengar Augmented Reality? atau malah sudah bermain-main dengan AR? ya augmented reality juga sering disebut dengan AR. saya sendiri pertama kali mendengar istilah ini dari boss saya di tempat saya bekerja, sekitar awal 2015 lalu.

Jika kita cari di wikipedia kurang lebih artinya seperti ini :
Augmented reality (AR) adalah live view langsung atau tidak langsung dari fisik, lingkungan dunia nyata yang unsur-unsurnya ditambah(atau dilengkapi) oleh masukan sensorik yang dihasilkan komputer seperti suara, video, grafik atau GPS data. Hal ini terkait dengan konsep yang lebih umum disebut realitas dimediasi, di mana pandangan realitas dimodifikasi (bahkan mungkin berkurang daripada ditambah) oleh komputer. Akibatnya, fungsi teknologi dengan meningkatkan persepsi seseorang saat realitas. [1] Sebaliknya, virtual realitymenggantikan dunia nyata dengan satu simulasi. [2] [3] Augmentation adalah konvensional dalam real-time dan dalam konteks semantik dengan unsur-unsur lingkungan, seperti skor olahraga di TV selama pertandingan. Dengan bantuan teknologi canggih AR (misalnya menambahkan visi komputer dan pengenalan obyek) informasi tentang seputar dunia nyata dari pengguna menjadi interaktif dan digital dimanipulasi. Informasi buatan tentang lingkungan dan benda-benda yang dapat dilakukan overlay pada dunia nyata
 Lumayan panjang dan jelimet, simpelnya adalah sebuah objek atau patern tertentu yang jika kita pindai dengan smart phone, google glass atau gaget lainnya maka akan menambahkan objek baik gambar , 3D model, ataupun video pada objek nyata yang kita pindai. contohnya seperti ini :


jadi ketika smartphone di arahkan ke suatu objek, contohnya pada gambar di atas sebuah kertas dengan pola tertentu, maka di smartphone akan memunculkan kertas tersebut (sama seperti kita akan memfoto kertas tersebut) namun pola pada kertas tersebut akan ditampilkan gambar 3D dari sebuah rumah pada smatphone kamu. Merupakan hal yang sangat menarik untuk di lakukan. Sayangnya untuk menampilkan AR tidak cukup menggunakan aplikasi "camera" bawaan smartphone. Kita harus mendownload aplikasi dari google play ataupun application store pengembang AR tersebut seperti octagon ( http://octagonar.com/ ) atau holobuilder ( www.holobuilder.com ) , jika anda pecinta karya anak bangsa bisa juga di http://www.indonesiainyourhand.com/

Salah satu penerapan AR ini bisa kita lihat di kawasan Dago Bandung , tepatnya di kampung Kreatif Dago Pojok, di daerah ini terdapat lukisan mural dan patung-patung. nah jika teman blogers pindai dengan applikasi "bandung in your hand" maka akan memunculkan gambar 3D atau sinopsis pendek dari creator mural atau patung di lokasi tersebut. 
apakah teman bloger tertarik... ayo jangan ketinggalan untuk mencobanya.

1 comment:

  1. tunggu kameranya smartphone biar bagus dulu bli..
    wkwkwkwkwkwkwk...

    ReplyDelete