Monday, October 14, 2013

QR Code, Apa itu?

hi teman-teman blogger,
jumpa lagi , sampai sebelum saya membeuat artikel ini , saya masih belum memahami bernar apa itu qr code.
setelah membaca dari beberapa sumber saya akan menshare apa yang telah saya dapatkan.

apa itu qr code ?
qr code adalah singkatan dari "quick response code" , merupakan code dua dimensi yang awalnya dikembangkan di jepang dan kemudian berkembang pesat di dunia terutama di dunia otomotif dan industri lainnya.
contoh qr code untuk wikipedia :
apa kegunaannya?
qr code bisa di scan melalui smart phone (android/iphone/blackbery) dan beberapa gaget lain yang compatible. setelah di scan kita secara otomatis gaget kita aka terhubung dengan informasi yg terkandung dalam qr code, antara lain :

  • link ke URL / alamat website
  • link ke virtual shop/online shop. secara basic sama dengan point di atas, tapi ini saya bedakan , karena perkembangan online store yg pesat belakangan ini.
  • code payment melalui paypal
  • map location
  • contact information
  • text/message
  • calendar event
macam qr code?
  • hitam putih
  • di tambahkan visualisasi gambar
teman2 bisa mencobanya dengan mendownload applikasi nya diplay store untuk andorid, salah satunya https://play.google.com/store/apps/details?id=la.droid.qr, atau membuatnya via web qr generator seperti  di http://www.the-qrcode-generator.com/ atau http://www.visualead.com/

1 comment:

  1. nah artikel model kaya ini bagus dama..
    membantu pembaca seperti saya yang tidak mengerti QR code...
    hehehehehe...
    ayo semangat nulisnya...
    pang dadi bapak megae jumah gen... hehehe..

    ReplyDelete