Tuesday, April 24, 2012

scam, apa itu?

mungkin teman2 yang sudah melek teknologi sudah sering mendengar virus, spam, trojan, lalu bagaimana dengan scam. hehe.. apakah teman2 sudah berkenalan dengan scam?
Kalo belum, mari saya perkenalkan ^_^. scam adalah suatu istilah dalam dunia maya, bagi tindakan -tindakan penipuan. Bentuk penipuan bisa saja dalam bentuk email, link di web, iklan yang menyesatkan, atau ajakan bisnis yang ujung-ujungnya menipu dan mengeruk uang kita.

Okay...
pada kesempatan kali ini saya mau bahas , terutama tentang email scam.
berikut salah satu contoh email scam yg saya dapat dari google :

Hi,
I'm writing this with tears in my eyes,My family and i came down here to London,England for a short vacation and we were mugged at gun point last night at the park of the hotel where we lodged all cash,credit cards and cell phone were stolen off us.I've been to the US embassy and the Police here but they're not helping issues at all,My flight leaves in hew hrs from now and am having problems settling the hotel bills.The hotel manager won't let me leave until i settle the hotel bills now...Well I really need your financial assistance..Please, Let me know if you can help us out? Am freaked out at the Moment.
John Owens.......


well, apakah teman2 perbah dapat emal seperti diatas. hehe lalu apa reaksi anda? biasanya email scam isinya adalah informasi bahwa kita memenangkan lotery, pihak yang mengakui dari perusahaan tertentu dan mengajak kerja sama, atm/cc payment, dan lainnya.

lalu apa yang harus kita lakukan jika kita mencurigai bahwa email tersebut scam :
  1. tanyakan ke diri kita , apakah kita mengenal pihak yang mengirimkan email tersebut., jika tidak bisa jadi itu spam. apalagi di sertai iming2 yang tidak wajar. atau anda merasa tidak ada sangkut paut dengan isi email. diri kita sendiri adalah senjata paling utama untuk spam.
  2. cek ke google / http://www.scamomatic.com/ , jadi seach google atau ke spamomatic. biasanya akan terdapat banyak laporan email sejenis.
  3. laporkan ip address pengirim ke lembaga berwenang ( sayang untuk indonesia rasanya blm ada). sakah satunya yang saya tau adalah IC3 : http://www.ic3.gov/default.aspx. cara mengetahui ip addres adalah dengan melihat header email :)
semoga artikel ini membantu :)

No comments:

Post a Comment