Monday, March 26, 2012

Tips Agar Terhindar dari Virus

well..., let's say no to virus.
herm yang namanya virus memang selalu buat jengkel buat pengguna komputer pc ataupun laptop yang berbasis windows. saya ingin berbagi sedikit tips cara agar kita terhindar dari virus ;
  • instal antivirus. Penangkal pertama adalah anti virus. sebaikna teman2 menginstal antivirus di laptop/komputer masing-masing. tidak usah banyak2, satu saja cukup. saya menyarankan jangan instal yg bajakan, teman2 bisa instal yang versi free, seperti avast free http://biarpunyablog.blogspot.com/2012/02/avast-anti-virus-free.html . Satu hal yg nga kalah penting adalah update selalu anti virus anda (virus database dan programnya)
  • matikan autorun. Sering kali virus komputer memanfaatkan autorun sebagai media penyebarannya. cara mematikan pada windows 7 : 
      • klik sart menu kemudian control panel, lalu klik auto play.
      • Hilangkan centang "use autoplay for all media and devices"
  • jangan buka file mencurigakan. yang ini perlu kepekaan teman2. terkadang kita menemukan file yg kita tidak tau datang dari mana ada di flash disk atau komputer kita. jika tidak jelas lbh baik jangan coba2 buka. lebih baik scan dulu dengan anti virus atau delete saja.
  • buat pengguna komputer yang sudah advance, saya sarankan untuk me-show hiden file dan priview extensi file. perhatikan file yang icon dan extensinya tidak sesuai. misalnya icon word tetapi extensinya exe.
semoga tips ini membantu teman2 semua ^_^

No comments:

Post a Comment