Monday, February 27, 2012

sesuatu tentang pemanasan global

Pemanasan global a.k.a "global warming" sebenarnya sudah sering kali di dengung2kan dan sampai bosan mendenganrnya. Sayangnya tidak sedikitpun hasil maksimal yang kita lihat (setidaknya yang saya lihat), suhu tetap semangkin meningkat, cuaca extreem yang tidak menentu. Padahal banyak lembaga, lsm dan event2 pemerintah yang kelihatan di tv, koran dan media masa lainnya yang membahas tentang bumi yg semakin memanas ini.
Contohnya siang ini ketika saya istirahat makan siang, semua teman saling mengeluh, "buik kebus ajan nok"
lalu salah siapa donk?? trus dadongku mesti salto??
nga harus salto sih...., cuman menyarankan cuman mau ngajakin untuk "continue the green attitude constantly" . jadi coba lakukan kegiatan di bawah secara rutin n konstan ;
  1. hemat listrik... (nga usah tak terangin, n nga usah protes, tapi cobalah)
  2. hemat air...... (just do it juga, nga usah protes)
  3. reuse,reduce, recycle (yang ini udah tak laksanain banget, bukannya mau gantiin pemulung , tapi malah bisa bantu pemulung dan alam tentunya, yach sambil menyelam mik susu lah)
  4. usahakan melakukan penghijauan (ini bukan bearti baju kita cat hijau ya, tapi tanamlah pohon, nga harus besar, tanaman lidah mertua jg ckp membantu)
  5. kurangi naik kendaraan bermotor, pakai opsi alternatif :)
  6. jangan anggap semua ini remeh :)
satu tangan tak bearti, banyak tangan bisa untuk membangun gunung.....
walau tidak di pungkiri, sektor yg paling banyak menyumbang gas co2 adalah sektor industri pabrik2 besar, dan sektor lainnya yang rasanya sangat susah untuk di ajak peduli lingkungan, tapi bukan bearti kita diam. Ya harap2 cemas aja dengan mengetuk hati kita masing2, bisa mengetuk hati lainnya, termasuk bapak2/ibu2 yang memiliki kuasa lebih untuk menggerakan anti global warming ini.
salam hijau ^_^

3 comments: