Thursday, May 21, 2020

Cita-cita Anak ku, Anak Zaman Now (Gen Z) Mau Jadi Apa

Salam Blogger,
Apa kabar hari ini? semoga semua dalam keadaan sehat dan bahagia, hari ini saya ingin sharing tentang celoteh anak minggu lalu, tentang cita-cita mereka. Sebagai orang tua pasti ingin anak kita tumbuh baik dan selalu mendapatkan yang terbaik, agar kelak ketika mereka dewasa bisa hidup dengan bahagia, sehat dan mapan. 

Cita-cita adalah sebuah angan-angan, gambaran  seperti apa masa depan, sehingga kita termotifasi dan fokus untuk mencapainya

Saya jadi teringat beberapa tahun lalu, ketika anak pertama saya berumur sekitar 3 tahun, saat itu cita-cita anak saya adalah ingin menjadi chef. Mungkin karena sering melihat ibunya masak. Lain cerita ketika ia mulai menginjakan kaki di sekolah taman kanak-kanak, entah apa yang mendasari nya saat itu iya ingin menjadi kapten kapal perang. Semua yang ia suka saat itu berbau kapal perang, dari mainan, gambar pakaian, buku tulis klo bisa agar isi kapal perang. Kini sebentar lagi iya akan masuk sekolah dasar, keinginannya pun bergeser, jika di tanya sekarang mau jadi apa, jawabnya adalah menjadi gamers. Menurut saya ini tidak lepas dari aktivitas yang ia lakukan. Memang saat ini dia sudah mengenal permainan dihanphone.

Anak saya lahir setelah tahun 2010, jadi mereka termasuk generasi Z atau gen Z, dan apa cita-citanya masih sering berubah. Lalu apakah cita-cita mereka kelak? menurut saya ini sangat berpengaruh dari kegiatan dan lingkungan mereka. saya jadi bercermin kepada diri sendiri, saat saya muda saya sangat ingin menjadi dokter, itu karena saya melihat Bapak saya tercinta bekerja sebagai tenaga kesehatan dan menurut saya itu keren. Tapi saya sekarang bukan berprofesi sebagai dokter, alias tidak kesampaian, mungkin bukan nasib, ketika masuk perguruan tinggi saya tidak lulus di fakultas faforit saya. Saya masuk ke pilihan ke dua , di fakultas informatika. Saya pilih informatika karena saat itu selain ingin jadi dokter saya tertarik mengenal komputer, benda kecil yang bisa melakukan banyak hal, ini juga tidak lepas dari lingkungan sekolah yang saat itu mulai mewajibkan tugas agar di ketik di komputer.  Dari mencerminkan diri menurut saya lagi lagi cita-cita akan di bentuk oleh lingkungan dan di pengaruhi hobby.

"cita-cita dipengaruhi oleh lingkungan dan hobby, apapun itu asalkan senag dilakukan berpotensi untuk mereka hidup mandiri dan baik, tidaklah salah sebagai orang tua untuk mendukugnya"

Lagi lagi lingkungan menurut saya sangat penting, jadi penting menurut saya agar kita membentuk lingkungan yang baik untuk anak kita dan menjauhkannya dari pengaruh pengaruh negatif. Jadi apa nanti cita-cita anak kita , cita-cita anak Gen Z, menurut  saya sebagia orang tua, asalkan itu baik untuknya, pasti kita berusaha untuk mendukungnya, dengan memberikan gambaran seperti apa yang akan mereka hadapi jika memilih cita-cita tersebut. Selain memberi gambaran, tentunya sebagai orang tua saya akan memberikan lingkungan terbaik yang bisa saya gapai untuk si anak dalam meraih cita-citanya.

herm... omong-omong kok tulisan saya jadi serius amat ya? he.. he.... dari buah pikiran ini saya jadi ingin mengabadikan apa cita cita anak saya melalui celoteh santai dengan mereka, jika berkenan silahkan tonton video vlog berikut.

 

3 comments:

  1. masalah cita-cita anak kecil emang suka labil apalagi zaman sekarang dengan banyak media sosial yang bisa mempengaruhi pikiran

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete