Saturday, May 30, 2020

cara membuat video timelapse dengan camera lumix gx-85

hi teman blogger....
apa kabar? semoga selalu sehat dan tetap happy. ijinkan saya sharing tentang salah satu hobby saya yaitu photography. Hobby satu ini memang cukup enarik dan tidak sedikit yang menyukainya, baik karena iseng-iseng dan ada yang dari hoby dan kemudian menjadi profesional dan menguntungkan. 

Ada banyak teknik fotografi, seperti bokeh, paning, makro fotografi, multi exposure dan satu juga yang tak kalah menarik perhatian adalah timelapse. time lapse adalah perpaduan teknik foto untuk menghasilkan sebuah video, jadi kumpulan bidikan foto dalam kurun waktu tertentu digabungkan menjadi sebuah video yang indah.

Awalnya saya pikir membuat sebuah timelapse akan sangat sulit, logika saya berkata saya harus mengedit satu per satu kemudian menggabungkan dalam satu video, sungguh akan sulit buat saya dengn skill paspasan. Tapi ternyata perkembangan teknologi fotografi lagi-lagi mempermudah kita, ternyata untuk membuat video time lapse saat ini hanya butuh kemauan, hehehe...... fitur timelapse kini sudah hadir dikamera terkini  seperti panasonic lumix keluaran tahun 2016-an , bahkan smart phone,contohnya nokia 6.1.

Kali ini saya ingin sharing tentang bagaimana cara membuat time lapse dengan menggunakan panasonic lumix GX-85. Alat-alat yang dibutuhkan adalah :
  1. kamera tentunya, yaitu lumix gx-85
  2. tripod, karena buth kestabilan dan titik tetap untuk mengambil foto.
  3. klo cuma dua saja rasanya kurang maknyus, jadi butuh yg ketiga yaitu kemauan dan ide video.
jadi ketika rekan bloger sudah memiliki ide objek yang ingin di ambil, seperti proses terbitnya matahari, kendaraan yang berlalu lalang di sudut kota ataupun bulan purnama, tinggal setting kamera untuk mengambil serangkaian foto, berikut adalah langkah langkahnya untuk membuat time lapse dengan lumix-85 :
  1. masuk ke menu, pilih menu untuk foto, cari menu "time lapse shot " letaknya kurag lebih di halaman 4
  2. dalam pilihan "time lapse shoot" ada dua menu, pertama asadal menu "start" (untuk memulai time lapse) dan menu "interval shoot". Pilih interval shoot terlebih dahulu untuk melakukan "setting"
  3. dalam menu interval shoot terdapat dua pilihan :
    • shooting interval, yaitu waktu jeda antara pengambilan gambar, misalnya setiap 5 detik sekali.
    • image count, yaitu jumlah gambar yang ingin diambil, misalnya jika teman bloger ingin membuat timelapse selama 1 menit dengan menampikan gambar 2 gambar per detik maka dibutuhkan 2*60 = 120 gambar.
    • setelah selesai tekan "Set"
  4. tampilan akan kembali sepertiketika memilih menu time lapse shoot, pasangkan kamera pada tripod, kemudian tekan "start" , kamera akan memulai mengambil gambar.
jangan lupa siapkan batere yang cukup karena kamera akan mengambil cukup banyak gambar. salah satu tips time lapse adalah sesuaikan setingan interval shoot dengan tema. Misal jika ingin merekam matahari terbenam, akan butuh interval shot yang lebih lambat misal 15 detik karena jika di seting pendek tentunya tidak terlalu terlihat proses terbenamnya matahari. Lain halnya jika ingin merekan kendaraan yang berlalulalang butuh interval shoot pendek misal setiap 1 detik.



selamat mencoba kawan :-)

#timelapse
#lumix_gx-85

1 comment:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete