Monday, August 12, 2019

Perbedaan Tipe "License" dari Microsoft dan Bagaimana Membuktikan Ori / Tidak.

Hi Teman bloger..............

Apa kabar hari ini? kali ini saya ingin sharing perbedaan license microsoft. Menurut saya kesadaran akan penggunaan software original kian hari makin meningkat, mungkin didorong oleh penjualan "device" yang "bundling" langsung dengan sistem operasi (windows) dan ada pula yang menawarkan gratis office dalam waktu 1 tahun, btw taukah teman bloger bahwa sebenarnya ada beberapa macam type lisence dari Microsoft.

Ada 3 (tiga) macam license dari microsoft (setidaknya saya taunya ada tida), yaitu OEM,FPP (Full Package) , dan VL (volume License) . Lalu apa perbedaan dari ketiga macam lisence ini, mari kita basa satu per satu.


OEM (Original Equipment Manufacturer)

Pengertian OEM menurut om wiki adalah adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk atau komponen yang kemudian dibeli oleh perusahaan lain ataupun ritel dengan memakai merek dagang dari perusahaan pembeli tersebut.

Jadi dalam hal ini pihak Micorosft memproduksi System Operasi Windows dan dijual dalam satu paket perangkat produsen komputer. Atau gampangnya adalah Windows yang mempel langsung pada perangkat yang teman bloger beli. Semisal teman membeli laptop dan di laptop tersebut sudah tertanam langsung Windows original, nah ini berarti type lisence OEM.

Pada jaman dulu ketika membeli software OEM, akan ada stiker serial number yang menunjukan bahwa windows kita asli. Namun pada perkembangannya stiker ini tidak di tempelkan lagi, beberapa device ada menempelkan stiker kecil lambang windows ori tapi ini bukan bukti bahwa software kita asli.

Lalu bagaimana membuktikan bahwa software kita original? Menurut bapak Denny Herdhiawan dalam sebuah acara seminar di Prime Plaza Hotel Sanur, salah satu pembuktian bahwa software OEM yang tertanam original adalah dari Invoice yang mencantumkan device kita dan software windows OEM (satu invoice), dan ditambahkan juga oleh speaker lain, beberapa manufactur mencantumkan dalam websitenya bahwa model device tersebut ada windows OEM nya yang juga bisa digunakan sebagai pembuktian.

Satu lagi yang membedakan, Lisence OEM ini sifatnya tertanam, jadi tidak bisa di pindahkan ke alat lain. Jadi jika komputer rusak, pastikan pihak servis center "merestore" kembali sofware original kita.

Full Package

License full pakage pada umumnya harganya lebih mahal dari OEM, Jika kita membeli type license ini kita akan mendapatkan kotak dan CD/DVD instalasinya. Perlu di cermati dengan baik apakah yang kita beli original atau tidak, gampangnya sih dari indikator harga dan pastikan di beli di vendor microsoft partner, listnya bisa di lihat di sini. Jika harganya jauh lebih murah dari harga pasaran, kita patut curiga. Yang kedua dapat kita lihat dari kemasan/kotak dan DVDnya, tapi cara ini agak ngeri-ngeri sedep alias tidak di sarankan karena jaman sekarang sangat gampang niru, tapi jika tetep kekeh berikut beberapa tipsnya.
  • Kemasan Original warnanya tidak mudah luntur, dan pada bagian tertentu ada texturenya.
  • Pada CD/DVD, terdapat tanda panah yang saling berhadapan. 
Untuk pembuktian bahwa software kita asli adalah dari kotak dan invoice pembelian. Jadi teman bloger, jika membeli software FPP, pastikan kotak dan invoicenya selalu tersimpan dengan baik.
Fitur yang membedakan dari Full Pakage (FPP) dengan OEM adalah FPP dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain. Jadi jika komputer kita rusak, software FPP ori dapat kita pindakan ke komputer baru.

Volume Lisence (volume license)

VL, adalah license micorosft yang dibeli dan di peruntukan untuk sejumlah perangkat komputer. biasanya type ini di anjurkan ketika dalam sebuah perusahaan ingin mengupgrade Sistem Operasi pada sejumlah perangkatnya sehingga opsi biayanya lebih hemat. Microsoft sebenarnya tidak menjual volume license untuk perangkat baru, namun dalam prakteknya hal ini masih bisa dilakukan.

Jika kita membeli VL kita akan mendapatkan Sertifikat, inilah yang akan menjadi bukti kepemilikan windows original. Selain sertifikat, kita juga akan mendapatkan akses ke dasboard VL untuk memanage lisence yang kita miliki (VLSC).

VL biasanya ada kontrak dalam kurun waktu terntentu, jadi agar software original bisa kita terus bisa di gunakan, kita harus memperpanjang kontrak ini.

demikian sharing saya, semoga bisa membantu.

2 comments:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete
  2. Casino of the Wild West Slot Machine - DrmCD
    Slot Machine with 문경 출장안마 RTP 동해 출장안마 96.50%. Free Play in Demo Mode. Pragmatic 군포 출장마사지 Play. RTP 96.50%. Paylines. 당진 출장샵 98.50%. 파주 출장안마 RTP. 96.49%. Game Volatility. High.

    ReplyDelete