Monday, August 12, 2019

Mengenal Cloud dan Contoh Pemakaiannya

Perkembangan teknologi yang pesat merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri dan membawa perubahan yang besar. Saya masih ingat di tahun 1990an dimana saat itu komputer yang trend adalah Intel Pentium III, tidak lama kemudian muncul intel Pentium 4, dan berkembang lagi di awal tahun 2000an menjadi intel core, pengembangan prosesor dari 1 inti menjadi banyak inti yang menyebabkan kemampuan komputasi meningkat begitu hebatnya. Tidak hanya perkembangan di perangkat keras saja, perangkat jaringan juga berkembang pesat, di local arean network saja, yang dulunya hanya berkecepatan 100 (seratus) megabyte sekarang sudah berkecepatan gigabyte (*jutaan mega byte).

Pesatnya perkembangan teknologi ini ternyata simultan dengan naiknya biaya pemeliharaan hardware on premise, sehingga trend komputasi awan (cloud) pun mulai diminati dan berkembang pesat di tahun 2000-an. Jadi apa itu komputasi awan (Cloud)? menurut wiki, Cloud/komputasi awan adalah Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Atau dengan bahasa gampangnya, kita memakai Komputer yang kita tidak tau dimana dengan tujuan tertentu dan menggunakan internet sebagai penghubungnya, dan biasanya resource fisik ini di pakai bersama-sama dan dikelola oleh pihak ketiga. (heheheh... puyeng ga?)

Nah, pada umumnya resource ini di pakai bersama-sama, . Eits..., tapi jangan ragu dan takut dengan keamanannya, dengan perkembangan sistem keamanan saat ini bisa di jamin lah, apalagi disertai garansi oleh pihak penyedia.

Penemu atau pencetus cloud ini tidak lain dan tidak bukan John McCarthy, Pakar Komputasi dan kecerdasan buatan dari MIT di tahun 1960. Contoh dari koputasi awan diantaranya :


  • cloud storage (google drive, one drive, dropbox).
  • cloud computing (google cloud, aws - amazone)

saya yakin saat ini hampir semua teman bloger pernah pakai cloud storage , walau tanpa di sadari, misalnya aplikasi google photo di hp android teman-teman yang otomatis membackup file ke cloud.

selain sebagai storage cloud saat ini juga populer digunakan sebagai virtual machine (komputer virtual). jadi seolah2 kita punya komputer entah di mana, dan kita bisa manfaatkan sebagai web server contohnya. Cara setupnya sebenarnya nga susah-susah amat, tinggal ikuti saja pentunjuk dari vendor. Umumya di awal kita diminta memilih paket "komputer virtual" yang kita inginkan, kemudian memilih sistem operasi misalnya windows , dan tada.... siap di gunakan. Jika menggunakan sistem operasi windows, untuk mengunakannya teman-teman bisa menggunakan "remote dektop" yang sudah tersedia di pc windows temen bloger.

nah makin penasaran dengan cloud dan ingin mencicipi yang namanya cloud computing? teman-teman bisa mencoba menggunakan google cloud. teman-teman bisa mencoba virtual machine / fitur cloud lainnya, dan kebetulan bulan ini (agustus 2019) google menawarkan free credit sebesar $300 untuk mencicipi google cloud, cek di sini

selamat mencoba.

1 comment:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete