Thursday, May 5, 2016

Apa itu Ransomeware?

hi teman bloggers...
apakah teman blogers mengenal istilah ramsomeware? sebelum membahas tentang ransomeware tentunya teman sudah mengenal istilah virus komputer, spam dan malware. Belakangan muncul lagi istilah ransomeware, yach ransomeware tidak jauh-jauh dari itu, hanya saja menggunakna cara yang berbeda.

ransomeware, jika di definisikan merupakan bagian dari malware. Malware jenis ini memaksa korbannya untuk melakukan pembayaran atau transaksi secara online dengan cara mengunci akses korbannya untuk masuk ke sitem milik korbanya tersebut. hermmm... agak jelimet ya bahasanya :p

ilustrasinya adalah seperti ini : malam setelah selesai nonton filem faforit anda di TV anda ingin membuka laptop dan mengupdate blog anda, ketika mau lgin windows dan tada.... ada tulisan "warning your account is locked" diberi sedikit bumbu jika ingin mengakses kembali komputer anda anda harus mentransfer sejulah uang ke rekening tertentu dalan waktu beberapa hari. Jika tidak semua data dalam komputer anda akan di hapus. Yach itulah ransomeware, dari beberapa artikel yang saya baca, ransomeware bahkan menguncu hardisk anda sehingga tidak mungkin menyelamatkan data dengan membacanya dair komputer lain.

para pembuat ransomeware menggunakan crypthobloker untuk menjalankan aksinya ini dan beberapa ada yang menggunakan TOR to hide C&C communications (CTB Locker). herm bahasa yang aneh dan baru bat saya yang awam. Saat ini ransomeware banyak menyerang di eropa , rusia dan amerika.


Cukup mengerikan bukan, tetapi bagaimana cara menghindarinya?

indonesia memang belum menjadi target serangan ransomeware, tapi tidak ada salahnya kita update pengetahuan tentang malware ini dan bagaimana cara menghindarinya :

  1. backup file anda secara reguler.
  2. update windows anda dan juga anti virus anda secara rutin.
  3. bookmark web site yang sudah anda percayai dan akses melalui bookmark untuk menghindari masuk ke website tiruan.
  4. jangan gampang percara pesan peringatan virus ketika browsing, apa lagi di klik.
  5. jangan buka attachement email dari email yang anda tidak kenal/tidak percayai.
  6. selalu update pengetahuan tentang virus.
  7. sesekali lakukan full scan pada komputer anda.


cara menghilangkan ransomeware
beberapa anti virus sudah menyiapkan diri untuk menghadapi ransomeware, salah satu di antaranya adalah trend micro, berikut beberapa link yang mungkin akan teman bloger bisa pakai :
semoga bermanfaat ^__^

No comments:

Post a Comment