Thursday, January 21, 2016

xampp dan alternatifnya


xampp itu apa ya? mungkin diantara teman-teman bloger sudah tau dengan program open source satu ini. Saya sendiri "berkenalan" dengan program ini kurang lebih sekitar 10 tahun lalu, namun saat itu hanya sekedar untuk mengerjakan tugas kuliah. belakangan saya kembali bermain-main dengan freeware ini.

Buat  teman-teman yang belum familiar, mari kita coba kupas, Apaan sih xampp? dari web resmi xampp ( https://www.apachefriends.org/index.html) menyebutkan xampp adalah environment yang paling populer dalam mendevelop PHP.

xampp sendiri terdiri dari beberapa software yaitu apache, mariaDB, PHP dan Perl yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah paket instaler yang mudah diinstal dan dipakai serta tentunya open source.

dengan menginstal xampp sama artinya kita membuat sebuah web server sendiri di komputer kita yang bisa kita akses secara lokal ataupun ke jaringan yang lebih luas. 

sistem operasi yang disupport oleh xampp juga beraneka ragam, mulai dari windows, linux maupun machintos, Bisa di katakan xampp berjalan stabil dan lancar di ketiga OS tersebut. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya instalernya yang ringkas dan mudah untuk digunakan menjadi faktor kenapa xampp begitu populer dibandding dengan software lainnya,

siapa sih yang punya ide buat xampp? adalah Kai 'Oswald' Seidler dan Kay Vogelgesang, pendiri dari apache friend (wadah development xampp),

xampp bisa teman-teman download di https://www.apachefriends.org/index.html

buat teman-teman yang ingin mencoba aplikasi serupa selain xampp, berikut saya berikan alternatipnya :

  1. apache HTTP server http://httpd.apache.org/download.cgi#apache24
  2. mamp server https://www.mamp.info/en/
  3. ampps server http://www.ampps.com/
  4. EasyPHP WebServer http://www.easyphp.org/easyphp-webserver.php
  5. The Uniform Server http://www.uniformserver.com/
semoga informasi ini membantu

No comments:

Post a Comment